Salam Kampung
Dukung Kampung
Bangun Kampung

LAUNCHING KAMPUNG UKM DIGITAL SENTRA PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA

Posted by KAMPUNG UKM DIGITAL SENTRA PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA UNIMED Posted at 29 Des 2016 17:39:17


4
0 1

Faktanya di Indonesia masih banyak UKM yang melakukan produksi, pemasaran serta promosi bersifat tradisional bahkan belum menggunakan kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah kemajuan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk promosi, pemasaran serta peningkatan penjualan dikarenakan hemat biaya, hemat waktu dan juga mudah untuk diakses.

Maka dari itu, sebagai bentuk upaya untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui Infromation Computer Technology (ICT) maka PT. Telkom membangun Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital adalah implementasi dari pihak PT. Telkom Indonesia selaku BUMN dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan menggunakan konsep Kampung UKM yang dapat memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern dengan sentuhan teknologi ICT.

Dalam mengembangkan UKM Kampung Digital ini pihak PT. Telkom Indonesia menggunakan strategi ABC-GM yaitu dengan melibatkan para pihak-pihak A=akedemisi (kampus), B=Bisnis (Telkom, Perbankan), C=Comunitas (UKM) serta G=Goverment (pemerintah) dan pihak Media (cetak,elektronik dan online).

Tidak hanya Telkom saja, pada acara ini juga dilakukan penandatanganan nota komitmen bersama dengan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan perluasan kesempatan kerja, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Bupati Deli Serdang, Rektor Universitas Negeri Medan, General Manager Telkom Witel Medan, Kepala Cabang Bank Negara Indonesia (BNI) Medan, dan Ketua Umum Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) Medan tentang Sinergitas Program Pemberdayaan Purna TKI melalui Kampung UKM Digital di Kabupaten Deli Serdang.

Adapun para pihak melakukan perannya sebagai berikut:

1. Pihak Academy (UNIMED) selaku konseptor melakukan pendampingan sebagai konsultan dalam memberikan masukkan perbaikan bisnis proses mulai bahan baku, pengolahan menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan, standarisasi, sertifikasi halal, packaging sehingga produk lebih menarik, serta pemasarannya baik secara konvensional maupun secara on-line.

2. Pihak Business (Telkom dan BNI) akan membangun infrastruktur akses jaringan internet berikut perangkatnya (penyediaan PC, Meublair, Produk knowlege) serta aplikasi yang dibutuhkan dalam bisnis UKM sehingga diharapkan para pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya sudah bersentuhan digital berupa aplikasi teknologi informasi untuk membawa dan membantu mereka agar lebih maju dan terangkat naik ke atas dan juga bantuan secara finansial agar proses bisnis yang dijalankan para UKM semakin maju ke depannya.

3. Pihak Komunitas (APWI) adalah pihak yang akan dibantu agar usahanya bisa lebih maju, mandiri dan modern.

4. Pihak Pemerintah (Kemenaker dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang) selaku regulator dalam hal ini akan memberikan bantuan koordinasi dengan para stakeholder agar para pelaku UKM lebih mudah menjalankan usahanya baik berupa kemudahan mendapatkan SIUP, label halal dan izin legalitas lainnya.

5. Pihak Media membantu mempromosikan pelaku UKM kepada masyarakat luas agar semua masyarakat mengetahui keberadaan UKM di sekitar daerahnya yang juga akan berdampak kepada pelaku peningkatan omzet UKM

Setelah sebelumnya sudah dilaunching 5 Kampung UKM Digital di Kota Medan, saat ini PT. Telkom Witel Medan kembali melaunching Kampung UKM Digital terbaru nya yaitu Kampung UKM Digital Center Sentra Pemberadayaan Wirausaha yang terletak di Kampus Universitas Negeri Medan (UNIMED) Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate bertempat di lokasi Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM)

Acara ini diselenggarakan pada Rabu 9 November 2016 di Digital Library kampus UNIMED yang dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh staf ahli gubernur bidang ekonomi Sumber Daya Alam dan Keuangan Ir. Dimsyah, MM. CP, Walikota Medan Drs. H. Tengku Dzulmi Eldin, M.Si, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman, Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Executive Vice President Telkom Regional I Sumatera Stanislaus Susatyo, Deputy General Manager Telkom Witel Medan Susila Shane Bona Paska Sihombing, Manager Business Service Telkom Witel Medan Lyanie Novridha, Perwakilan Bank Negara Indonesia 46 Medan, Perwakilan Bank Republik Indonesia, Perwakilan Bank Sumatera Utara, Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan BTPN, Perwakilan PDAM , Ketua Umum APWI Pusat Dr. Slamet Wiryadi “Puyuh”, S.P, M.P tamu undangan lainnya.

Masih dalam rangkaian Launching Kampung UKM Digital, akan dilakukan pula Tele Conference oleh Menteri Ketenagakerjaan RI dengan UKM Pemberdayaan Purna TKI Kecamatan Pantai Labu Deli Serdang menggunakan aplikasi video conference UMeet-Me serta dilanjutkan dengan simulasi e-commerce dan melakukan jual beli secara online melalui situs blanja.com yang dilakukan oleh bapak Menteri Tenaga Kerja RI serta disaksikan langsung oleh Rektor Unimed, Dirjen DPRM Dikti, Bupati Deli Serdang, General Manager Telkom Witel Medan, Ketua Umum APWI Pusat juga Kepala Cabang BNI Medan.

Selain launching Kampung UKM Digital Center Sentra Pemberdayaan Wirausaha UNIMED, akan dilaksanakan pula Seminar Nasional & Expo 2016 Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat serta Pelantikan Pelantikan Pengurus APWI dengan tema Seminar Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Rekayasa Industri dan Kewirausahaan Berbasis Masyarakat pada Rabu-Kamis 9-10 November 2016 pukul 09.00 WIB di Aula Digital Library Universitas Negeri Medan dengan speaker Menteri Tenaga Kerja RI M. Hanif Dhakiri, S.Ag., Direktur Riset dan Pengabdian Kepada masyarakat Prof. Ocky K. Radjasa, Ph.D, Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dan Ketua Umum APWI Pusat Dr. Slamet Wiryadi “Puyuh”, S.P, M.P.

Yang termasuk di dalam program Kampung UKM Digital adalah : sosialisasi Kampung Digital, penyediaan infrastruktur (berupa jaringan Telkom, access point WIFI ID, fasilitas Broadband Learning Center (BLC) yang juga sudah difasilitasi oleh jaringan 100% fiber), serta sharing knowledge terkait dengan (ICT) yang meliputi konten aplikasi yang disediakan oleh PT. Telkom seperti Jarvis Store, Blanja.com, Direktori UKM Smart Bisnis dan lain-lain.

Tujuan utama program ini adalah bagaimana membantu UKM untuk tidak hanya berjualan di pasar atau melalui distribusi tradisional, tetapi juga merambah pasar yang lebih luas dengan memasuki era digital.  


Ada 2 Komentar

Kirim Komentar



Please wait...