Salam Kampung
Dukung Kampung
Bangun Kampung

Telkom DBS Jembatani Startup dengan UKM

Posted by Kampung UKM Digital Kaos Suci Posted at 4 Sep 2015 10:36:09


5
1 0

JAKARTA (IndoTelko) –PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  melalui Divisi Business Service (DBS) menggelar acara Sharing Business mulai 3-4 September 2015 yang bertujuan menjembatani 15 Komunitas UKM Kampung Digital dengan pelaku bisnis Startup yang dibinaTelkom dari Divisi Innovation & Design Center (IDeC) dan Divisi Digital Business (DDB).

Executive General Manager Telkom DBS Yusron Hariyadi menjelaskan acara yang dilaksanakan  di Gedung Telkom Corporate University Bandung itu bertujuan untuk berbagi ide dan solusi aplikasi bisnis yang tepat antara pelaku UKM dan Startup.

“Kalau bertemu langsung kan lebih enak. Komunitas Kampung UKM Digital dapat langsung menyampaikan kebutuhan-kebutuhan aplikasi bisnis sesuai dengan ekosistem bisnis di areanya masing-masing. Sebaliknya, start-up dapat menampung dan menawarkan solusi  aplikasi yang tepat bagi pelaku UKM,” katanya kemarin.

Kampung UKM Digital merupakan rangkaian dari program BAGUS Indonesia, yaitu gerakan membina aspirasi 1 Juta UKM Indonesia melalui adopsi teknologi digital dalam mendukung program Pemerintah untuk kemajuan UKM Indonesia yang digagas Telkom.

Diharapkannya, melalui kegiatan Sharing Business ini ada titik temu antara kebutuhan pelaku UKM dengan solusi digital yang disediakan oleh pelaku Startup. “Sehingga terjadi percepatan penyediaan total solusi integrated supply chain management oleh pelaku Start-up untuk pelaku UKM dalam satu Kampung UKM Digital,” tambahnya.

Telkom juga menggandeng Budi Isman (pendiri Onein20 ; @BudiIsman) dan Jaya Setia Budhi (CEO YukBisnis ; @JayaYEA) untuk mengisi pemahaman strategi bisnis bagi peserta.

Secara terpisah, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan aksi Telkom menjembatani sektor UKM dengan startup sebagai wujud  memajukan Kampung UKM Digital dan pelaku bisnis digital kreatif.

“Kolaborasi ini merupakan wujud dari 3 peran Telkom mengembangkan industri kreatif digital Tanah Air yakni sebagai Bridger, Channel , dan Accelerator,” jelas  Awaluddin.

Peran sebagai Bridger adalah menjadi jembatan atas kebutuhan pelaku UKM akan solusi digital yang merupakan ranah Startup. Channel sebagai saluran penjualan atau layanan solusi dari Startup kepada pelanggan Telkom.

“Terakhir, peran sebagai Accelerator dengan membantu percepatan startup goes to market. Sudah ada beberapa yang berhasil kita bawa ke pasar dan mendapat respons positif, salah satunya Jarvis Store,” ungkap Pria yang juga menjadi Chairman Indonesia Digital Society Forum itu.(id) 


Ada 1 Komentar

Kirim Komentar



Please wait...