Salam Kampung
Dukung Kampung
Bangun Kampung

LAUNCHING KAMPUNG UKM DIGITAL CENTER JAMIN GINTING

Posted by Kampung UKM Digital Jamin Ginting Posted at 29 Des 2016 17:34:43


0
1 0

Faktanya di Indonesia masih banyak UKM yang melakukan produksi, pemasaran serta promosi bersifat tradisional dan tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Maka dari itu, sebagai bentuk upaya untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui Infromation Computer Technology (ICT) maka PT. Telkom membangun Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital adalah implementasi dari pihak PT. Telkom Indonesia selaku BUMN dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan menggunakan konsep Kampung UKM yang dapat memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern dengan sentuhan teknologi ICT.

Dalam mengembangkan UKM Kampung Digital ini pihak PT. Telkom Indonesia menggunakan strategi ABC-GM yaitu dengan melibatkan para pihak-pihak A=akedemisi (kampus), B=Bisnis (Telkom, Perbankan), C=Comunitas (UKM) serta G=Goverment (pemerintah) dan pihak Media (cetak,elektronik dan online)

Adapun para pihak melakukan perannya sebagai berikut:

1. Pihak Telkom akan membangun infrastruktur akses internet berikut perangkatnya (penyediaan PC, Meublair, Produk knowlege) serta aplikasi yang dibutuhkan dalam bisnis UKM sehingga diharapkan para pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya sudah bersentuhan digital berupa aplikasi teknologi informasi untuk membawa dan membantu mereka agar lebih maju dan terangkat naik ke atas.

2. Pihak akademisi (pihak kampus) selaku konseptor melakukan pendampingan sebagai konsultan dalam memberikan masukkan perbaikan bisnis proses mulai bahan baku, pengolahan menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan, standarisasi, sertifikasi halal, packaging sehingga produk lebih menarik, serta pemasarannya baik secara konvensional maupun secara on-line.

3. Pihak Komunitas UKM adalah pihak yang akan dibantu agar usahanya bisa lebih maju, mandiri dan modern.

4. Pihak Pemerintah selaku regulator dalam hal ini akan memberikan bantuan koordinasi dengan para stakeholder agar para pelaku UKM lebih mudah menjalankan usahanya baik berupa kemudah mendapatkan SIUP, Rekomendasi kepada para pihak-pihak terkait untuk mendukung UKM.

5. Pihak Media membantu mempromosikan bisnis UKM sehingga omzetnya bisa meningkat.

Setelah sebelumnya sudah dilaunching 4 Kampung UKM Digital di Kota Medan, saat ini PT. Telkom Witel Medan kembali melaunching Kampung UKM Digital terbaru nya yaitu Kampung UKM Digital Center Jamin Ginting yang terletak di Jalan Jamin Ginting KM 12,5.

Acara ini diselenggarakan pada Rabu 24 Agustus 2016 di UKM Center Jamin Ginting yang dihadiri dan diresmikan oleh General Manager Telkom WItel Medan Mohammad Syibli, Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Arjuna Sembiring, S.Sos, M.SP, Manager Business Service Telkom Medan Pandapotan, volunteer Kampung UKM Digital Kota Medan, jajaran pejabat daerah serta pelaku UKM Center Jamin Ginting dan para tamu undangan lainnya.

Selain launching Kampung UKM Digital Center Jamin Ginting, akan dilaksanakan pula pelaksanaan puncak peringatan Hari Koperasi Ke-69 tingkat Kota Medan dengan tema “Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari” dan akan dihibur juga oleh sederet penampilan seni oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Yang termasuk di dalam program Kampung UKM Digital adalah : sosialisasi Kampung Digital, penyediaan infrastruktur (berupa jaringan Telkom, access point WIFI ID, fasilitas Broadband Learning Center (BLC) yang juga sudah difasilitasi oleh jaringan 100% fiber), serta sharing knowledge terkait dengan (ICT) yang meliputi konten aplikasi yang disediakan oleh PT. Telkom seperti Jarvis Store, Blanja.com, Direktori UKM Smart Bisnis dan lain-lain.

Tujuan utama program ini adalah bagaiman membantu UKM untuk tak hanya ber jualan di pasar atau melalui distribusi tradisional, tetapi juga merambah pasar yang lebih luas dengan memasuki era digital.

Diharapkan dengan diresmikannya Kampung UKM Digital Center Jamin Ginting ini, dapat membuat pelaku UKM memajukan bisnis prosesnya dan dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar



Please wait...